Sejarah Masjid Agung Kebumen

15 Desember 2010 Tinggalkan komentar

Didirikan Tahun 1832 M, Soko Guru Dibuat Semalam

Keberadaan Masjid Agung Kauman Kebumen tidak bisa dilepaskan dari sosok KH. Imanadi, putra Kyai Nurmadin atau Pangeran Nurudin bin Pangeran abdurrahman alias Kyai Marbut Roworejo. Dialah pendiri Masjid Agung Kebumen yang kini sudah berumur 176 tahun. Makam ulama yang diyakini hidup antara tahun 1775-1850 M itu berada di Dusun Pesucen, Desa Wonosari, Kebumen.
Belum ada referensi tertulis yang bisa dijadikan rujukan untuk menyingkap sejarah berdirinya Maskid Agung Kauman Kebumen. Sumber yang bisa dijadikan patokah adalah cerita lisan turun temurun, termasuk dari keturunan K.H. Imanadi yang masih hidup.
K.H. Imanadi merupakan salah satu punggawa Pangeran Diponegoro yang gigih melawan penjajah. Dia diyakini sebagai seorang ahli Fiqih dan hukum ketatanegaraan. Adipati Arumbinang ke-IV yang menjadi penguasa Kebumen saat itu berkenan mengeluarkan K.H. Imanadi dari penjara karena menjadi tahanan politik Belanda. Arumbinang IV konon mendapat wangsit jika ingin kuat maka harus menemui dan bekerja sama dengan K.H. Imanadi. Bahkan K.H. Imanadi diangkat menjadi Penghulu Landrat atau Kepala Depag dan Pengadilan Agama pertama di Kebumen.
Salah satu keturunan ke-6 K.H. Imanadi, M. Sudjangi menuturkan, saat perang Diponegoro (1825-1830), K. H. Imanadi yang paling gigih menentang Belanda. Saat itu Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat telah dikuasai Belanda. Penjajah tersebut mengangkat adik Pangeran Diponegoro menjadi Hamengkubowono ke-IV (1814-1822 M). Padahal mestinya Pangeran Diponegoro yang berhak menjadi Sultan.
Kegigihan Imanadi yang pernah bermukim di Mekkah sekaligus menunaikan ibadah haji melanjutkan perjuangan ayahnya K. Nurmadin dan kakeknya Pangeran Abdurrahman atau K. Marbut. K. Marbut diyakini saudara kandung Pangeran Diponegoro yang juga putra kandung Hamengkubuwono ke-3.
Saat itu, Pangeran Abdurrahman diperimtah Keraton Ngayogyakarta untuk mencari kakak kandungnya yakni Kyai Mursid yang pergi entah kemana. Dia kontra dengan Keraton yang telah dikuasai Belanda. Singkat cerita, Pangeran Abdurrahman bertemu dengan Kyai Mursid di tempat lain yang sekarang dinamai desa Roworejo.

KONDISI MASJID AGUNG KEBUMEN
Masjid kebanggaan masyarakat Kebumen ini dapat dikatakan besar, sebab ukuran bangunannya sendiri berukuran panjang kurang lebih 50 meter dan lebarnya kurang lebih 25 meter. Masjid ini memiliki dua lantai. Pada lantai bawah terdapat 2 buah bedug dengan ukuran berbeda, yang pertama seperti pada umumnya, sedangkan yang kedua dengan ukuran yang besar, yakni dengna ukuran sebagai berikut :
BEDUG IJO MANGUN SARI KEBUMEN
Dibuat                       :     Tanggal 15 Sya’ban 1422 H
Ukuran                      :     – p = 260 cm   – d = 160 cm
– k = 500 cm    – d bagian tengah = 180 cm
Jumlah paku           :    108 biji
Bahan                         :    kayu waru
Pada bagian serambi terdapat kurang lebih 36 tiang sebagai penyangga atap masjid, sedangkan di bagian ruang utama masjid terdapat kurang lebih 19 tiang dengan 8 diantaranya sebagai tiang yang pokok. Pada ruang utama masjid juga terdapat hiasan dinding berupa kaligrafi yang semakin membuat masjid ini tampak begitu indah dipandang dan terasa suasana timur tengah. Sementera itu, di bagian depan terdapat dua buah jam, yaitu sebuah jam Istiwa sebagai penunjuk waktu sholat dan sebuah jam sebagai penunjuk waktu WIB.
Sebagai sarana pendukung kegiatan sholat Jum’at dan sholat Idul Fitri serta Idul Adha, di dalam Masjid Agung terdapat sebuah mimbar sebagai tempat khotbah yang berdiri dengan karpet berwarna biru yang indah dan berukiran kaligrafi.
Suci dari hadas dan najis merupakan bagian dari syarat sahnya sholat, sehingga seperti masjid pada umumnya, masjid ini juga dilengkapi dengan sarana  tempat untuk berwudhu.
Masjid Agung ini juga dilengkapi dengan sebuah Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) yang didirikan sejak tahun 1996 M. Di TPQ ini juga diadakan kegiatan pembinaan tilawatil Qur’an.
Untuk mengembangkan wawasan ilmu para santri, di TPQ ini juga dilengkapi dengan ruang perpustakaan yang di dalamnya terdapat berbagai macam buku bacaaan.

Oleh :

Sumber : -Surat Kabar Suara Merdeka edisi Rabu, 3 September 2008
-Supriyanto. 2008. Sejarah Masjid Agung Kauman Kebumen. Semarang : Suara Merdeka.

Dowload Filem

15 Desember 2010 Tinggalkan komentar

Hari gini ga bisa download Filem!!!…. Padahal dengan filem kita dapat terhibur. Dari pada nungguin filem tayang di tv kayaknya klamaan. Ni ada tips ngedownload filem secara gratis,
Yang pertama tulis alamat http://www.thehacke3r.com pada kotak adress. sebenarnya alamat download filem banyak tapi yang kita pake thehacke3r.

Setelah muncul kotak seperti di atas langkah selanjutnya tinggal tulis judul filem pada kotak pencari. Sebaiknya gunakan judul yang lebih spesifik. Judul yang digunakan sebagai contoh adalah filem favorit penulis “conan”.setelah menulis judul filem, maka akan muncul menu seperti di sadi bawah iniKarena judul yang digunakan masih bersifat umum, maka selanjutnya tinggal memilih judul filem yang lebih spesifik. Pada kotak di atas penulis memilih pada lingkaran merah.

Karena judul filem yang digunakan bersifat episode, maka akan muncul pilihan episode.

Setelah memilih episode yang akan didownload. Tinggal klik kanan, lalu klik pada “download with IDM”.Selanjutnya akan muncul kotak download, sekarang tinggal klik “strart download”Maka selanjutnya muncul kotak seperti di samping yang artinya sedang memproses download.Gampangkan… selamat mencoba

 

oleh:

Kategori:dowload Tag:, ,

MEMINDAH foto

13 September 2010 Tinggalkan komentar

Memindah foto

Anda ingn foto dengan seseorang, namun anda sendiri belum pernah foto dengannya……….Gampang disini kita akan mempelajari bagai mana kita yang semula foto cuma sendiri bisa jadi berfoto dengan orang yang kita inginkan…….

Foto yang di gunakan dalam panduan ini adalah foto milik penulis yang sedang berlibur di Majid At Tin. dan foto yang akan di pindah adalah fota sahabat penulis

Fota yang digunakan dalam panduan ini kekuatan pixelnya tidak sama, jadi fotanya tidak begitu asli, tapi setidaknya kita dapat mengetahui caranya. Jadi sebaiknya foto yang digunakan memiliki kekuatan pixel yang sama

sebenarnya cara memindah foto cukup banyak caranya. namun kita belajar yang caranya seperti ini dulu!!!

Langkah pertama anda harus membuka foto anda di Adobe Photoshop


Langkah selanjutnya anada tekan ctrl + J untuk membuat duplikat backround hanya untuk cadangan. Maka akan muncul kotak seperti di bawah

Setelah itu klik pada lingkar merah

Yang tujuannya untuk membuat layar baru, untuk mengisi foto yang akan dipindah

Setelah itu baru buka foto yang akan di pindah

setelah membuka foto lalu piih  clone stamp tool (S) pada garis merah

Lalu drag  pada foto yang akan dipindah dengan menekan alt

Perlu diingat yang di pindah cukup objeknya saja

Setelah di pindah objeknya foto bisa di minimize, selanjutnya tinggal menghapus yang tidak perlu dengan mengklik Eraser Tool (E) pada garis merah

Setelah bersih tinggal mengatur posisi foto dengan mengklik Move Tool (V)

Setelah dikira-kira cukup selanjutnya klik pada Crop Tool (C) untuk menyeleksi foto

maka akan terlihat garis putus-putus. itu lah akhir foto yang akan nampak

Setelah itu klik dua kali pada foto yang diseleksi

Selesai….  sekarang tinggal menyimpan hasil foto dengan cara klik file >> save as

Lalu ganti pada kotak file name (lingkar hitam) untuk nama file dan kotak format (lingkar kuning) dengan JPEG (*JPG,*JPEG,*,JPE) (lingkar merah) >> save (lingkar biru)

Maka akan muncul kotak seperti di bawah lalu OK

by:

Semua Go Blog

anda bingung bagaimana cara bikin blog

gampang aja ikutin aja cara buat bog yang aku bari judil sebua go blog

Semua Go Blog

Pertama masuk aja ke halaman utama wordpress di : http://wordpress.com/

Disitu klik aja tombol Sign Up Now disebelah kanan, maka kita akan dibawa ke halaman pendaftaran.

Di halaman ini kita tinggal mengisi tiap kolom yang sudah disediakan mulai dari Username, Password dan sebagainya, contohnya seperti berikut ini

Di bagian ini yang perlu diperhatikan adalah masalah password, kusarankan agar membuat password yang cukup kuat untuk menghindari pencurian password, namun tetap mudah diingat oleh diri kita masing2. Isikan juga alamat email yang valid karena kita akan membutuhkan email tersebut untuk melakukan verifikasi, jangan lupa beri tanda centang jika setuju dan untuk pilihan bagian bawah pilih sembarang aja.

Berikutnya kita akan berlanjut ke halaman untuk menentukan nama blog yang akan kita buat.

Di bagian ini yang perlu diperhatikan adalah ketika menentukan nama blog aturannya kita harus pakai nama yang belum pernah dipakai orang lain dan tentunya domain dibelakan nama blog kita sudah ditentukan, yaitu pakai sub-domain .wordpress.com, untuk judul blog sembarang saja, namun ada baiknya disesuaikan dengan konten yang akan kita masukkan kedalam blog. Lanjut ke pemilihan bahasa dengan standar bahasa inggris, kalau mau diganti ke bahasa indonesia juga ada, dan terakhir beri tanda centang pada Privacy biar blog kita nanti masuk dalam pencarian Google biar orang mudah menemukan blog kita. Catatan, sekali menentukan nama blog selanjutnya kita tidak akan bisa menggantinya kecuali membuat blog baru dengan nama yang berbeda, lain halnya dengan judl blog dan bahasa yang kelak bisa kita ubah sewaktu-waktu. Setelah selesai klik tombol Sign Up.

Tahap berikutnya adalah mengisikan identitas diri kita mulai nama sampai keterangan lain. Jangan khawatir identitas ini tidak akan nampak di muka umum, hanya untuk keperluan pemberitahuan antara kita sebagai pemilik blog dengan tim wordpress. Bagian ini juga merupakan pemberitahuan bahwa kita harus memeriksa email yang tadi kita daftarkan untuk melakukan konfirmasi aktifasi blog wordpress kita via link yang dikirimkan tim wordpress ke email kita.

Sekarang kita tinggalkan halaman wordpress sejenak, beralih ke email, login menggunakan akun email yang sudah didaftarkan dan periksa kotak masuk, jika ada email dari wordpress buka saja dan klik klik yang disediakan untuk meng-aktifkan akun blog kita, contohnya seperti berikut

Jika kita sudah meng-klik link tadi maka kita akan dibawa kembali ke halaman awal wordpress dengan pemberitahuan bahwa blog yang kita daftarkan sudah aktif, tinggal isikan Username dan Password yang kita buat tadi untuk login.

Kalau sudah berhasil login maka kita akan dibawa ke halaman beranda akun wordpress kita, seperti berikut

Berikut adalah penjelasan beberapa bagian yang sering kupakai :

  • Visit Site adalah tombol untuk melihat blog kita sendiri
  • Dashboard adalah menu utama yang berisi beberapa sub-menu yang jarang kupakai kecuali Blog Stats
  • Blog Stats adalah menu untuk melihat statistik blog kita, berapa jumlah pengunjung blog kita, apa saja halaman yang sering dibaca pengunjung blog kita, apa saja link yang di-klik pengunjung blog kita dan sebagainya
  • Post adalah bagian yang sangat penting, yaitu untuk membuat posting baru atau melihat dan mengatur daftar posting yang sudah pernah kita buat
  • Pages adalah bagian yang mirip dengan post, hanya saja wujudnya berupa halaman statik
  • Comments adalah menu dimana kita bisa melihat semua komentar yang masuk dari pengunjung, termasuk spam. Disini kita bisa meng-approve komentar pengunjung, membalas ataupun menghaups dan berbagai pilihan lain.
  • QuickPress di sebelah kanan adalah sebuah fitur baru wordpress yang mengijinkan kita untuk memposting sebuah tulisan dengan cepat, mudah dan ringkas.

Nah untuk bagian lain silahkan coba telusuri sendiri karena tidak terlalu sering kupakai ketika blogging.

Berikutnya kita akan melihat tampilan awal blog yang telah kita buat, bisa klik tombl visit site diatas atau tuliskan alamat blog kita di address bar dari browser yang kita pakai. Dan tampilan awal dari blog kita adalah sebagai berikut

Berikutnya kita akan mencoba membuat posting baru, tinggal klik menu Posts dan pilih submenu Add New seperti berikut

Penjelasan singkatnya disini kita bisa membuat post baru dengan menentukan Judul Post di kolom yang sudah disediakan dan menulis konten atau isi dari posting di kolom yang juga sudah disediakan. Cara menulis posting sangat mudah soalnya kita disediakan tombol-tombol yang familiar seperti ketika kita mengetik menggunakan aplikasi perkantoran seperto Open Office maupun MS Office, ada pemformatan huruf bold, italic, ada pengaturan rata kanan, tengah, kiri, memasukkan gambar dan sebagainya. Nah kalau kita selesai menulis konte posting maka selanjutnya tinggal klik tombol Publish agar posting kita tampil dimuka umum dan dapat dibaca semua orang, atau kalau kita mau meyimpan dulu tinggal klik tombol Save Draft.

Selanjutnya kita akan mencoba fitur yang cukup menarik di wordpress yaitu Appereance, untuk mengubah tampilan blog kita agar tidak standar seperti awal tadi. Caranya udah tinggal klik menu Appereance dan pilih submenu Themes. Disitu kita bisa memilih berbagai tema yang sudah disediakan oleh wordpress, kalau sudah menentukan pilihan tinggal klik salah satu tema dan aktifkan. Kalau sudah aktif maka akan ada pemberitahuan seperti berikut

Sekarang kita akan memcoba menambahkan dan mengatur widget yang akan kita tampilkan di sidebar blog kita. Widget ibaratnya adalah sebuah navigasi atau bisa disebut hiasan yang bisa memudahkan pengunjung dalam mengakses konten blog kita, juga bisa digunakan untuk mempercantik tampilan blog kita. Untuk saat ini diriku hanya akan menjelaskan cara untuk menambahkan beberapa Widget dasar saja. Caranya tinggal masuk ke submenu Widgets, lalu drag [tarik] sebuah widget dari daftar Available Widgets dan letakkan di daftar Sidebar, misal agar blog kita punya menu pencarian tinggal drag widget Search ke Sidebar, begitu juga apabila kita ingin menampilkan arsip post bulanan atau per tahun kita bisa menggeser widget Archives ke sidebar, terakhir jika kita ingin menambahkan konten teks tinggal geser widget Text ke sidebar. Yang perlu diketahui bahwa didalam widget text kita bisa sekedar menulis teks biasa, namun kita juga bisa menggunakan tag html dasar seperti pengaturan hurf, warna sampai memasukkan gambar. Tapi disini kita tidak diberi ijin oleh wordpress untuk memasukkan script tertentu seperti javascript.

Contohnya bisa dilihat seperti ini

Berikutnya kita akan masuk ke submenu Custom Header. Disini kita bisa memasukkan gambar header sendiri biar nampak berbeda dengan blog lain. Pengaturan header tiap tema berbeda-beda, namun untuk tema yang digunakan dalam contoh, yaitu Freshy cukup mudah, untuk mengganti header kita tinggal meng-upload file yang berukuran [ber-resolusi] 780×95 pixels dan klik tombol upload

Selanjutnya kita akan mencoba membuat halaman baru karena secara default ketika membuat sebuah blog kita hanya punya dua halaman, yaitu halaman utama [blog] dan halaman about yang isinya masih bawaan.

Cara membuat halaman cukup mudah tinggal klik menu Pages dan pilih submenu Add New. berikutnya caranya persis seperti ketika kita membuat sebuah post baru. hanya beda beberapa hal, namun akan kujelaskan di posting yang lain. Gambarannya seperti ini

Dan kita akan mengakhiri sesi posting-ku kali ini dengan melihat perubahan tampilan blog awal kita dengan tampilan setelah kita tambahkan beberapa hal.

Sekarang bisa kita lihat dengan jelas tampilan blog kita sudah berubah dengan penggantian tema yang tadi kita lakukan, sekarang juga kita sudah punya satu posting yang tidak penting  ^.^ juga halaman sekarang kita punya tiga dengan tambahan halaman tidak penting yang tadi kita buat, juga beberapa widget yang sudah kita tambahkan.

Yah walau ga’ begitu jelas kuharap posting kali nie bermanfaat buat temen2 yg pingin bikin blog di wordpress.

Kategori:MENU, Uncategorized